KABAR PENEMUAN OBAT CORONA


Obat anti-inflamasi yang disebut dexamethasone dikabarkan dapat mengobati pasien rumah sakit yang sakit parah dengan Covid-19.
(Sumber BBC News)

Sebuah uji coba di Inggris menunjukkan bahwa obat itu dapat menyelamatkan nyawa secara internasional pertama kali melakukannya dan dapat segera digunakan di National Heath Service(NHS).

Apa obatnya?
Dexamethasone adalah obat steroid yang mengurangi peradangan dengan meniru hormon anti-inflamasi yang diproduksi oleh tubuh.

Bagaimana cara kerjanya?
Infeksi coronavirus memicu peradangan ketika tubuh mencoba melawannya dan obat ini bekerja dengan meredam sistem kekebalan tubuh.

Dikatakan juga bahwa ini hanya cocok untuk orang-orang yang sudah berada di rumah sakit karena karena Covid-19 yang parah telah menggunakan oksigen atau ventilator.

Obat ini tidak bekerja pada orang dengan gejala yang lebih ringan, karena menekan sistem kekebalan tubuh mereka pada saat itu tidak akan berguna.

Para ilmuwan berharap deksametason akhirnya bisa digunakan sebagai bagian dari rangkaian obat yang, bersama-sama, dapat mengurangi kematian lebih jauh.

Sumber asli https://www.bbc.com/news/amp/health-53077893

close